❗Info Sunat Hubungi +62 822-2340-1279

Rumah Sunat Jogja RH Medika - Jl. Tulung Tamanmartani, Kalasan, Sleman, D.I Yogyakarta

Memilih Metode Sunat yang Aman dan Nyaman Untuk Laki-Laki

MEMILIH  METODE SUNAT YANG AMAN | Sunat atau sirkumsisi merupakan proses pelepasan kulup atau kulit yang menyelubungi ujung penis. Tidak hanya pada anak anak saja, sunat ini juga bisa dilakukan pada orang dewasa bahkan bayi sekalipun. Di Indonesia, sunat ini umumnya dilakukan saat anak laki-laki menginjak usia sekolah dasar atau sekitar 6–10 tahun. Sunat bukan hanya tradisi ataupun kewajiban agama saja, tetapi lebih di pahamkan bahwa sunat ini sangat banyak manfaatnya dari sisi medis bagi laki laki. 

Tujuan sunat adalah untuk mengurangi resiko penyakit yang diakibatkan dari kotornya ujung penis. Jika tidak disunat ujung penis itu akan menyimpan kotoran, bakteri atau virus yang bersembunyi di kulup yang tidak dibersihkan dan disunat. Menurut American Academy of Pediatric, manfaat sunat itu antara lain :

  • Mengurangi resiko penyakit menular seksual
  • Mencegah terjadinya penyakit pada penis
  • Mengurangi risiko infeksi kandung kemih
  • Mengurangi resiko kanker penis dan kanker serviks pada pasangannya
  • Kebersihan dan kesehatan penis lebih terjaga

METODE SUNAT atau SIRKUMSISI

  • Metode Tradisional

Metode sunat tradisional ini mungkin sudah jarang dijumpai di wilayah perkotaan tetapi mungkin masih ada di daerah pedesaan. Biasanya metode sunat tradisional ini dilakukan oleh juru khitan atau disebut juga Bong Supit. Teknis sunat tradisional ini menggunakan pisau, silet atau bahkan bilah bambu yang telah di tajamkan. Peralatan itu juga telah disterilkan dengan alkohol, dan saat tindakan tidak ada pembiusan.Tindakan sunat dengan metode tradisional ini prosesnya cepat, tetapi metode ini memiliki kekurangan seperti berisiko terjadi perdarahan dan infeksi, jika tindakan ini dilakukan dengan cara yang tidak benar dan tidak steril. Selain itu, tindakan ini juga berisiko terpotongnya saraf di sekitar penis yang bisa mempengaruhi hubungan seksual ketika dewasa.

  • Metode Konvensional

Metode ini mulai menggunakan peralatan medis yang lebih aman dan dilakukan oleh dokter atau mantri sunat. Peralatan yang digunakan sudah disterilisasi dan saat tindakan akan dilakukan pembiusan terlebih dahulu. Metode konvensional ini memiliki kelebihan dibanding dengan metode tradisional. Karena dalam tindakan diberikan bius maka dapat meminimalisir rasa sakit. Dengan menggunakan peralatan medis yang standar dan steril sehingga dapat meminimalisir infeksi yang biasanya terjadi ketika sunat dalam metode tradisional. Harga sunat metode ini sangat terjangkau sehingga semua kalangan bisa menjangkaunya. Saat tindakan sunat konvensional, pengerjaannya cukup lama kurang lebih 30 – 50 menit. Pasca penyembuhan relatif lebih lama dan biasanya lukanya dilarang kena air agar proses penyembuhannya lebih cepat.

  • Metode Electric cauter

Metode Electric cauter atau biasanya juga disebut metode laser yang sempat menjadi metode paling dicari oleh orang tua ketika akan menyunatkan anak laki lakinya. Padahal, pada dasarnya, sunat metode ini memakai alat cauter untuk memotong kulit penis. Alat ini bentuknya seperti pistol dengan dua buah lempeng kawat di ujungnya yang saling berhubungan. Apabila dialiri listrik, ujung logam akan panas dan memerah. Elemen yang memerah itulah yang digunakan untuk memotong kulit penis. Alat cauter akan memotong kulit tanpa berdarah dan karena bersifat panas dan dapat langsung membekukan darah di kulit tersebut. Metode ini harus dilakukan oleh dokter yang berpengalaman karena rentan sekali jika alat cauter ini mengenai kepala penis. 

 

Jika menggunakan metode ini kelebihannya adalah :

  • Meminimalisir risiko perdarahan karena menggunakan elemen yang dipanaskan.
  • Sangat cocok untuk anak dibawah usia 3 tahun dimana anak seusia itu pembuluh darahnya masih sangat kecil.
  • Proses penyembuhan relatif lebih cepat dibanding dengan metode konvensional.
  • Proses pengerjaan lebih cepat dibandingkan metode konvensional.

Nah, diatas adalah uraian kelebihannya, tapi adakah kekurangannya dibalik kecanggihan teknologi sunat ini. Dari teknis tindakan electric cauter ini ada sedikit kekurangannya yaitu

  • Saat tindakan menggunakan metode ini menimbulkan bau menyengat seperti aroma daging terbakar. Jika tidak berhati hati saat tindakan akan menyebabkan kulit penis terbakar.
  • Haru dilakukan oleh dokter ahli yang berpengalaman. 
  • Pada anak lebih dewasa biasanya akan dilakukan pembiusan total.
  1. Metode Klem

Metode klem ini sangat diminati oleh orang tua karena anak anak tidak akan merasakan sakit sama sekali bahkan saat pulang dapat langsung memakai celana dan beraktifitas seperti biasa meskipun baru selesai sunat.Banyak bentuk dan variasi alat klem yang digunakan tetapi pada dasarnya memiliki cara kerja yang sama. Saat tindakan Kulit penis (kulup) dijepit dengan alat sekali pakai, kemudian dipotong dengan pisau bedah, tanpa harus dilakukan penjahitan. Setelah itu, klem akan dipasang pada penis hingga luka mengering sendiri sekitar 3-6 hari.

Karena minimnya efek yang ditimbulkan maka metode ini sangat banyak kelebihannya. Dengan metode klem meminimalisir perdarahan dan tanpa jahitan, luka sunat boleh terkena air, proses cepat kurang lebih membutuhkan waktu 7 – 15 menit, minim rasa sakit sehingga dapat langsung beraktifitas setelah selesai melakukan sunat. Metode klem ini memang harganya lebih mahal daripada metode sebelumnya.

  1. Metode Laser CO2

Inilah metode sunat laser yang sesungguhnya. Meski masih sangat jarang dilakukan, metode sunat laser sudah tersedia di Indonesia, terutama di kota besar, seperti Jakarta. Laser yang digunakan adalah laser CO2. Setelah dibius lokal, kulit penis yang hendak dipotong ditarik dan dijepit dengan klem. Laser CO2 kemudian memotong kulit penis tanpa mengeluarkan setetes darah pun. Meski begitu, kulit tetap harus dijahit agar proses penyembuhan sempurna.

Metode laser CO2 ini adalah metode termahal dan biasanya hanya ada di rumah sakit di kota kota besar. Metode sunat ini menggunakan laser CO2, sebelum dilakukan tindakan si pasien akan mendapat pembiusan lokal saja. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 10 – 15 menit, tidak ada perdarahan jikalau adapun kemungkinan hanya sedikit. Proses penyembuhannya sangat cepat dan dengan metode ini secara hasil estetikanya lebih baik.

Dari sekian banyak metode pastilah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing – masing, sehingga sebaiknya sebelum melakukan sunat orang tua perlu survei terlebih dahulu. Pastikan anak anak juga merasa siap dan nyaman ketika dilakukan tindakan. Pilihlah rumah sakit atau rumah sunat yang terpercaya dan  dalam penanganannya dilakukan dengan cara profesional.

Nah,apa yang perlu diperhatikan saat orang tua memutuskan untuk melakukan sunat pada anaknya yang masih bayi?

Terkadang orang tua memilih menyunatkan anaknya ketika masih bayi baru lahir dikisaran usia satu minggu atau dua minggu. Ketika menyunatkan seorang bayi, darah yang keluar saat proses sunat masih sedikit. Selain itu, pembentukan sel – sel dan jaringan sedang tumbuh dengan pesat selain itu rasa sakit yang dirasakan juga belum terlalu berat sehingga trauma proses sunat tidak berpengaruh kedepannya.

Lalu bagaimanakah perawatan sunat ketika masih bayi ?

  1. Menjaga penis bayi agar selalu dalam keadaan bersih. Saat ganti popok, bersihkan juga area selangkangan, penis dan pantat dari kotoran dengan menggunakan dengan sabun dan air hangat. Lalu keringkan dengan lap sampai kering agar mencegah terjadinya iritasi.
  1. Lindungi Penis bayi dengan sebaik mungkin dan hati hati. Ada dokter yang menyarankan untuk membalut penis dan ada yang tidak menganjurkan untuk di balut kembali. Jika dibalut kembali maka dapat anda oleskan petroleum jelly di ujung penis sebelum dibalut dengan kasa steril. Fungsinya agar, kulit penis tidak melekat pada kasa
  1. Berhati hati ketika memandikan

Pada dua hari pertama, memandikan bayi yang selesai disunat dengan waslap air hangat.Ketika sudah lebih dari 2 hari anda dapat memandikan bayi setiap hari seperti biasanya menggunakan air hangat.

  1. Jika diperlukan berikan obat pereda rasa nyeri tentunya sesuai dengan anjuran dokter ya...
  1. Pakaikan celana yang longgar agar sirkulasi udara di daerah penis tetap lancar sehingga luka bekas sunat bayi cepat sembuh.

Nah itulah sedikit tips dalam memilih metode sunat yang aman. Jika Ayah & Bunda ingin anaknya Sunat yang Aman dan Nyaman langsung daftar ke Klinik Sunat Jogja RH Medika

AYO DAFTARKAN JAGOAN CILIK AYAH-BUNDA SUNAT DI RH MEDIKA!!

PARTNER KAMI

ALAMAT KLINIK

Rumah Sunat Jogja RH Medika
Jl.Tulung -Tamanmartani, Tamanmartani,
Kalasan, Sleman – Yogyakarta